fbpx

Tips Mudah Untuk Menyiapkan Tubuh Sebelum Berpuasa

Bulan ramadan sudah di depan mata, umat muslim pun mulai bersiap untuk menyambut datangnya bulan ramadan. Selain dari segi spiritual, persiapan menyambut bulan ramadhan juga termasuk pada menyiapkan kondisi tubuh. Hal ini dikarena selama bulan ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa yang berkaitan dengan perubahan waktu makan dan waktu tidur yang tentunya membutuhkan stamina lebih.

Untuk menghadapi perubahan pola makan dan waktu tidur, Anda perlu menyiapkan diri agar kesehatan tubuh pun lebih terjaga selama berpuasa di bulan ramadhan. Apa saja persiapan yang bisa Anda lakukan?

• Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi. Usahakan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh dengan konsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, juga susu.

• Hindari Gorengan, Makanan Asin, dan Makanan Tinggi Gula
Ketiga jenis makanan di atas memang memanjakan lidah. Terlebih setelah Anda berpuasa seharian penuh, sangat menyenangkan jika bisa mengonsumsi makanan dengan rasa yang enak. Tapi, ketiga makanan di atas bukanlah makanan yang cocok untuk Anda konsumsi karena memberikan efek buruk bagi tubuh. Selain mudah mengalami kenaikan berat badan, makanan tinggi lemak dan gula menyebabkan Anda mudah merasa lelah dan lesu. Sedangkan mkanan asin akan membuat Anda mudah haus.

• Perbanyak Konsumsi Air Mineral
Langkah lainnya yang mudah untuk dilakukan sebelum berpuasa adalah memperbanyak konsumsi air mineral, terutama pada waktu sahu dan berbuka. Dengan mengonsumsi banyak air mineral, tubuh Anda akan terhindar dari resiko dehidrasi selama berpuasa.

• Ubah Pola Tidur
Kualitas tidur yang buruk akibat kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari lemas, pusing, hingga sakit kepala. Cobalah untuk berhenti tidur larut malam agar waktu tidur Anda lebih tercukupi.

• Konsultasikan Diri Ke Dokter
Anda yang memiliki resiko atau riwayat masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit berat lainnya disarankan untuk terlebih dahulu menemui dokter untuk berkonsultasi. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari kondisi buruk pada tubuh jika Anda menjalankan puasa.

Ingat selalu untuk tetap memerhatikan kondisi tubuh dan stamina Anda selama beribadah di bulan Ramadan ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *